Home Seleb RUU Permusikan Tuai Banyak Protes dari Musisi Hingga Muncul Petisi Menolak

RUU Permusikan Tuai Banyak Protes dari Musisi Hingga Muncul Petisi Menolak

500
0

Rancangan undang-undang (RUU) Permusikan memang tengah menjadi perdebatan serius di kalangan musisi Indonesia. Meski ada yang setuju, tetapi gaung penolakan lebih banyak terdengar. Termasuk dari ratusan pegiat musik yang tergabung dalam Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan.

Disokong lebih dari 200 musisi, koalisi ini dengan tegas menunjukkan penolakan mereka. Petisi penolakan juga dibuat dan telah ditandatangani lebih dari 60 ribu orang. Petisi ini diinisiasi oleh penyanyi Danilla Riyadi.

Petisi itu dibuat karena banyak pasal yang dinilai bermasalah. Misalnya pasal 4, 5, 10, 11, 12, 13, 15, 18, 19, 20, 21, 31, 32,33, 42, 49, 50, 51. Pasal-pasal tersebut dianggap bermasalah dikarenakan para penyusun RUU tidak paham mengenai apa yang akan diatur.

Mereka menyebut jika tidak ada urgensi apapun bagi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) dan pemerintah membahas dan mengesahkan hal ini. Sebuah RUU yang justru akan membatasi dan menghambat proses kreasi, bahkan merepresi para pekerja musik Tanah Air.