Home News Si Lucu Panda Tadinya Tidak Memakan Bambu

Si Lucu Panda Tadinya Tidak Memakan Bambu

55
0

Panda raksasa nan lucu dikenal hidup hanya di lereng gunung-gunung di barat daya kawasan Cina, tempat mereka hanya makan bambu. Namun, penelitian terbaru di China menunjukkan, spesies panda purba yang telah punah kemungkinan besar  menyantap makanan yang lebih bervariasi dan kompleks dibandingkan panda yang hidup di zaman sekarang. Dengan kata lain, panda zaman dahulu diduga makan daging juga.

Sudah menjadi rahasia umum, hewan panda memiliki kebiasaan uniknya, yaitu mengkonsumsi bumbu yang tumbuh di daratan cina.

Hanya saja beberapa hari belakangan ini terdapat sebuah penelitian yang cukup mengejutkan bahwa nenek moyang hewan panda tidaklah memakan tumbuhan bambu, akan tetapi hewan menggemaskan itu terbiasa makan apa saja, termasuk daging-dagingan.

Hal tersebut disimpulkan para ilmuwan asal Cina yang meneliti dan membandingkan tekstur tulang tengkorak yang dimiliki panda modern dengan panda purba yang hidup jutaan tahun silam.

Selain metode tersebut, dilakukan juga penganalisan komposisi isotop stabil pada beberapa anggota bagian tubuh fosil panda purba dan panda moderen dimaksud. Para ilmuwan juga melakukan pengukuran yang bernama isotop kolagen pada belasan panda purba yang berhasil diperoleh dari beberapa situs penemuan fosil-fosil tersebut, dan kemudian membuat komparasi dengan metode pengamatan terhadap panda-panda berukuran raksasa tersebut.

Setelah dilakukan perbandingan, akhirnya dapat disimpulkan untuk sementara bahwa kedua jenis panda tersebut memang berbeda berdasarkan isotopik. Tentu saja fakta tersebut memunculkan kesimpulan bahwa panda purba memiliki santapan yang lebih bervariasi daripada panda yang hidup di zaman sekarang.

Selain itu, mereka juga berpandangan bahwa kebiasaan mengkosumsi unik mereka telah berubah dan melewati dua tahap. Tahap pertama yaitu binatang imut tersebut yang tadinya pemakan daging-dagingan (karnivora) ataupun omnivora (pemakan segala macam makanan, baik tumbuhan maupun hewan), akhirnya menjadi pemakan tumbuh-tumbuhan (herbivora). Fase kedua, si panda kemudian berubah menjadi panda yang secara ekslusif hanya menyantap tumbuhan bambu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here