Home News Si Pembohong Adanya Demo Buruh Cina Akhirnya Ditangkap

Si Pembohong Adanya Demo Buruh Cina Akhirnya Ditangkap

243
0

Hati-hati bagi penyebar berita hoaks di media sosial Indonesia. Seorang penyebar berita kebohongan di wilayah Cengkareng akhirnya tertangkap setelah pihak kepolisian berhasil menyusuri akun si pelaku di Facebook.

Pelaku yang berprofesi sebagai tukang gorengan tersebut, beberapa pekan lalu diketahui telah menyebarkan sebuah video berdurasi pendek yang menayangkan sebuah demo besar-besaran yang dilakukan para tenaga kerja asing asal Cina di kota Morowali, Sulawesi Tengah.

Dalam tayangan klip tersebut, diterangkan bahwa para TKA tersebut merupakan para buruh di PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP).

Menariknya, motif pelaku menyebarkan hoaks tersebut untuk mengajak Pemerintah Indonesia untuk memperlakukan tenaga kerja dalam negeri seadil-adilnya.

Dalam penyelidikan secara intensif, pihak kepolisian berhasil menyita sebuah handphone yang diduga digunakan pelaku untuk menyebarkan berita bohong yang sempat mengegerkan publik dalam negeri tersebut.

Pelaku akan diganjar hukuman penjara lima tahun karena telah melanggar Pasal 14 ayat 2 dengan pasal Pasal 15 Undang-Undang no 1 tahun tahun 1946.