Home News Siapa Bilang Perlu Modal Besar Memulai Bisnis di Bidang Perikanan

Siapa Bilang Perlu Modal Besar Memulai Bisnis di Bidang Perikanan

172
0

Selama ini pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, atau lebih disingkat dengan KKP RI, selalu mengajak para nelayan dan pebisnis Indonesia di bidang perikanan dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) supaya ikut meningkatkan usaha perdagangan dan investasi di bidang tersebut.

Ibu Menteri Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti meyakinkan bahwa sesungguhnya untuk memulai usaha tersebut, tidak diperlukan modal yang besar. Bahkan Ibu Susi menjamin bahwa pengusaha akan mendapatkan kembali modal mereka hanya dengan beberapa kali menangkap ikan sebab dirinya yakin pasokan ikan di samudera Indonesia sangatlah melimpah.

Dalam hal ini bidang perikanan menjadi salah satu sektor yang hanya diperuntukkan untuk warga Indonesia alias tidak untuk warga asing. Hal tersebut berdasarkan Peraturan Presiden nomor 44 yang ditetapkan pada tahun 2016 mengenai Daftar Bidang Usaha yang Tertutup dan Bidang Usaha yang Terbuka dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal.

Karena itulah, Ibu Susi semakin bersemangat dalam mengajak para nelayan dan pebisinis agar memanfaatkan payung hukum di atas, sembari mengingatkan bahwa Pemerintah Indonesia bukanlah anti investor asing.

Seperti diketahui, peraturan jelas yang dikeluarkan pemerintah dalam bidang perikanan telah membantu ekonomi nelayan lokal, dan menyebabkan usaha ekspor perikanan dalam negeri memperoleh peningkatan sehingga mampu bersaing dengan negara-negara eksportir lainnya.