Home News Tahun Ini Ekonomi Indonesia Tidak Akan Sesulit Pada Tahun 2018

Tahun Ini Ekonomi Indonesia Tidak Akan Sesulit Pada Tahun 2018

195
0

Rasa optimis dalam menyambut tahun 2019 mesti selalu ada karena terdapat sejumlah indikator ekonomi yang menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.   

Sementara itu prediksi tantangan perekonomian  nasional pada tahun 2019 ini tidak akan seberat dan serumit tahun sebelumnya. Pernyataan tersebut sempat dilontarkan oleh wakil Bank Indonesia di Kepulauan Bangka Belitung, Tantan Heroika.

Menurutnya, kesimpulan itu dicapai mengingat nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, terutama dollar kerap menunjukkan penguatannya. Selain itu, level inflasi yang terus menerus terkendali akan semakin mengokohkan asumsi bahwa tantangan ekonomi selama tahun 2019 akan lebih ringan.

Beliau juga tak menampik bahwa bangsa Indonesia tengah bersiap-siap untuk mengikuti perhelatan Pemilihan Umum Presiden secara langsung yang akan berlangsung pada bulan April mendatang, yang tentu saja akan menciptakan tantangan tersendiri bagi kestabilan perekonomian di dalam negeri. Akan tetapi dirinya percaya bahwa tantangan seperti hal itu tidak akan seberat tantangan-tantangan yang pernah dialami Indonesia sepanjang tahun 2018.

Dia mengingatkan salah satu tantangan yang sempat muncul yang membuat nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing anjlok adalah perang dagang berkesinambungan antara dua raksasa ekonomi dunia, Amerika Serikat dan Cina.  

Menurut Tantan, kepulauan Bangka Belitung telah terbukti dapat mengontrol nilai inflasi di bawah empat persen, sementara sejumlah perkembangan pernah tercatat di beberapa bidang. Karena prestasi tersebut, kawasan Bangka Belitung telah dianggap mampu mencapai target inflasi yang selama ini ditetapkan pemerintah Indonesia sebesar 2,5 hingga 4,5 persen. Ia pun memberi pujian kepada sejumlah pemangku kepentingan di provinsi yang telah berhasil melakukan sinergi secara maksimal dan penuh tanggung jawah dalam merealisasikan tujuan pemerintah dalam mengontrol inflasi.