Home News Tema Unicorn Mengemuka di Acara Debat Pilpres, Apa saja sih Unicorn Indonesia...

Tema Unicorn Mengemuka di Acara Debat Pilpres, Apa saja sih Unicorn Indonesia beraset Miliaran dollar?

689
0

Debat calon presiden kemarin malam meninggalkan tanda tanya mendalam kepada Prabowo Subianto. Salah satu tema pembahasan adalah Unicorn startup. Padahal unicorn Indonesia sendiri, sudah mempunyai 4 Unicorn. Lalu apa itu unicorn? Secara simpelnya arti unicorn adalah start-up yang beraset di atas bahkan sampai miliaran dollar.

Nah kita cek yuk, apa saja Unicorn-unicorn Indonesia ini :

  1. Tokopedia

Sejak 6 Februari 2009, Tokopedia telah mengumpulkan pendanaan sebanyak 9 kali. Suntikan dana terakhir senilai US$ 1,1 milliar dilakukan oleh Alibaba dan Softbank

2. Go-Jek

Sejak 14 Desember 2014, Go-Jek telah mendapatkan suntikan dana sebesar US$ 3,3 miliar selama 7 kali. Terakhir, unicorn ini menerima pendanaan dari Tencent Holdings JD.com dan Google dengan total nilai US$ 1,2 miliar.

3. Bukalapak

Seperti diketahui oleh situs Cruchbase, unicorn satu ini terakhir kali mendapat putaran pendanaan Series C pada 17 November tahun silam. Unicorn ini hanya mendapatkan lima kali putaran pendanaan, salah satunya dari EMTEK Group empat tahun silam

4. Traveloka

Sejak 12 November 2012, unicorn ini telah mengumpulkan dana sebanyak US$ 500 juta selama empat kali pendanaan. Yang terakhir, Unicorn ini memperoleh pendanaan dari investor Expedia dengan total nilai US$ 350 juta.