Home News Vanuatu, Negara Gemar Memprovokatif Papua Untuk Merdeka

Vanuatu, Negara Gemar Memprovokatif Papua Untuk Merdeka

57
0

Sudah beberapa kali ini, Vanuatu, negara teramat kecil di samudera Pasifik ini memprovokasi pemerintah Indonesia hingga membuatnya marah bercampur kesal.

Negara itu dikabarkan memiliki peran strategis menggiring Benny Wenda, pentolan separatis Papua Barat, untuk mengajukan petisi kepada High Commissioner for Human Rights (OHCHR) Perserikatan Bangsa-Bangsa di kota Jenewa, Swiss beberapa hari yang lalu. Petisi tersebut berisi pengaduan akan berbagai pelanggaran hak-hak asasi manusia di Papua yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia selama ini.

Sebenarnya, seperti yang telah disinggung di atas, Vanuatu telah beberapa kali sempat membuat pemerintah Indonesia meradang karena diketahui paling kencang dan berani menyerukan berpisahnya Papua dari teritori Indonesia di forum-forum internasional seperti PBB. Padahal anehnya, di rapat PBB saat itu, agenda tidak membahas masalah pelanggaran HAM.

Seperti diketahui, dua tahun silam tepatnya pada bulan April, sebanyak tujuh negara kecil yang berada di kepulauan Pasifik termasuk Vanuatu, Tonga, Tuvalu, Palau, Nauru, Kepulauan Solomon dan Marshall Island sempat mengadakan sebuah pertemuan sensitif di ibukota Belgia. Pertemuan tersebut ternyata berisi diskusi mengenai pemisahan Papua Barat dari tangan Indonesia sebagai hak masyarakat Papua untuk menentukan nasib sendiri.

Pertemuan itu dikecam keras oleh Kedutaan Besar Indonesia di Wellington, Selandia Baru.

Sekitar Oktober silam di forum Persatuan Bangsa-Bangsa, Vanuatu dan 2 negara sekutu lainnya dikabarkan bahkan mengecam wakil dari pemerintah Indonesia yang dianggapnya telah melakukan kekerasan di provinsi Papua.

Nah, terkait penggiringan dan penyelundupan Benny Wenda yang merupakan ketua dari United Liberation Movement for West Papua, ke kantor HAM PBB di Swiss, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia memberikan surat protes terhadap negara Vanuatu yang dinilainya tidak menghormati kedaulatan suatu negara.