Home Lifestyle Wajib Bedakan Gejala Antara Demam Berdarah Dengue Dengan Penyakit Lainnya!

Wajib Bedakan Gejala Antara Demam Berdarah Dengue Dengan Penyakit Lainnya!

249
0

Akhir-akhir ini wabah penyakit demam berdarah melanda sebagian kawasan Indonesia, terutama di wilayah pulau Jawa. Ratusan bahkan ribuan orang terpaksa harus dirawat di rumah sakit dengan berbagai fasilitas kesehatan seadanya.

Namun sayangnya, banyak masyarakat Indonesia masih terlalu awam dengan penyakit yang satu ini sehingga sulit membedakan dengan penyakit-penyakit lainnya yang memiliki gejala hampir serupa.

Nah, menurut pakar kesehatan, sebenarnya ada beberapa gejala yang cukup mencolok yang menerangkan bahwa si penderita ternyata tidak sedang mengalami penyakit demam berdarah.

Contohnya tifus, meskipun memiliki gejala yang sama yaitu datangnya demam, namun pada tifus, demam bisa terjadi pada waktu-waktu tertentu saja, biasanya sore atau malam hari. Sebaliknya demam berdarah dapat terjadi hingga sepanjang hari.

 Selain itu, penderita demam berdarah seringkali mengalami rasa sakit cukup hebat di bagian ulu hati, dan rasa sakit pada bagian tertentu itu bukanlah penyakit maag. Sementara pada tifus, bisa terjadi perasaan tidak enak pada bagian perut, namun hanya saja rasa sakit itu lebih ringan dari gejala demam berdarah.

Selain itu, masyarakat Indonesia juga sering salah membedakan gejala demam berdarah dengan penyakit campak.

Pada campak, bintik-bintik berwarna akan keluar pada saat demam di hari ketiga hingga hari kelima, dan lama-kelamaan akan menghilang namun bekasnya menjadi berwarna hitam.

Sementara itu, pada penyakit demam berdarah, bintik merah akan timbul pada hari kedua atau ketiga pada saat si penderita mengalami panas/demam. Uniknya, tidak seperti campak, bekas bintik pada penderita demam berdarah tidak akan meninggalkan kehitaman.

Yang terakhir adalah gejala demam berdarah dengan Chikungunya, salah satu penyakit yang pernah mewabah di beberapa kawasan Indonesia.

Kedua penyakit hampir menunjukkan gejala yang hampir mirip satu sama lain. Bedanya pada penderita Chikungunya, akan terjadi rasa nyeri yang amat dahsyat pada persendian tulang. Karena begitu nyerinya, sampai-sampai si penderita tidak mampu lagi menggerakkan anggota badannya dan malas untuk berpindah dari tempat tidur. Namun pada penderita demam berdarah, nyeri pada tulang maupun otot tidak sehebat pada penderita Chikungunya.